STANDAR KOMUNIKASI : OSI LAYER,STANDAR ORGANISASI,INTERNET STANDAR

Agustus 20, 2017
SEJARAH DAN PENGERTIAN OSI LAYER





      Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) di EROPA pada tahun 1977 . diciptakan OSI ini karena Alat komunikasi yang diciptakan oleh IBM tidak dapat berkomunikasi dengan vendor lain. Sehingga dibentuklah standard OSI. 

    OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan .  Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain. Model referensi OSI sendiri secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik. ISO (International Organization for Standardization)  menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien .


     Ada 7 layer pada model OSI . Setiap layer mendapat tanggung jawab khusus pada proses komunikasi data. Misalnya, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya “error” selama proses transfer data berlangsung .  Model Layer OSI dibagi menjadi dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual. 

     Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode transmisi. 




         

FUNGSI 7 LAYER PADA OSI 

 
 1. Layer Physical 
        Layer ini adalah layer paling sederhana jika dibanding dengan layer lainnya. Layer physical sangat berkaitan dengan koneksi antar peralatan . Contohnya, yaitu koneksi antar repeater, hubungan dan network card. Selain itu , layer pertama OSI juga berhubungan dengan media transmisi jaringan, sinkronisasai bit, kabel, topologi jaringan, arsitektur jaringan,metode sinyal . 

2. Layer Data-link 
        Layer ini berfungsi untuk mengkoreksi kesalahan perangakat keras dan flow control terjadi disisni . Layer inipun membuat transfer data akan lebih nyata dan akan bertanggungjawab pada paket akhir data binari. Data binari berasal dari layer yang lebih tinggi dari layer dua yg nantinya akan dikirim ke layer pertama . 

3. Network Layer 
        layer ketiga berfungsi untuk menyediakan routing agar paket data dapat dikirim dari network lokal keluar. Selain itu berfungsi juga dalam pendefinisian alamat protokol dan mendeteksi eror. 

4. Transport Layer 
       Layer ini menjadi pusat mode-OSI yg menyediakan transfer antara dua titik akhir . Layer ini juga mengendalikan aliran dan membuat tanda jika paket data telah diterima . Selain itu layer ini bertanggungjawab dalam pemeriksaan eror yg biasa terjadi pada koneksi.  

5. Session Layer 
      Layer ini berfungsi dalam pendefinisian koneksi yg dapat dibuat,dipelihara,ataupun dihancurkan . Layer kelima ini memiliki prosedur log on yg terkait dengan keamanan . Protokol yg ada dilayer ini adalah NETBIOS . 

6. Layer Presentation 
       layer ini berfungsi melakukan translasidari semau tipe pada syntax system. protokol yg ada dilayer ini adalah perangkat lunak redirektor seperti workstation,RDP, VNC, dan Network Shell. 

7. Layer Application 
      Layer ketuju OSI ini adalah layer yg sangat cerdas karena fungsinya sebagai pengatur fungsionalitas jaringan. Jadi layer ini akan mengatur bagaimana aplikasi akan mengakses jaringan, membuat pesan ataupun mendeteksi kesalahan . Beberapa protokol yg ada pda layer ini yaitu HTTP,SMTP,FTP,dan NFS . Selain ini layer presentation juga bertugas sebagai penghubung utama antar resources network dan aplikasi network .



 PENGERTIAN STANDAR ORGANISASI



    Standar adalah suatu hal yang penting dalam penciptaan dan pemeliharaan sebuah kompetisi pasar daripada manufaktur perangkat komunikasi dan menjadi jaminan interoperability data dalam proses komunikasi. Standar komunikasi data dapat dikategorikan dalam 2 kategori yakni kategori de facto (konvensi) dan de jure (secara hukum atau regulasi).
 
   Standar komunikasi adalah protocol, protokol merupakan sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Terbentuknya standar komunikasi atau protocol pada komunikasi data adalah adanya organisasi yang membuat dan mengatur komunikasi. Di beberapa Negara ada beberapa oraganisasi atau badan international yang membuat protocol tersebut.   
   Berikut adalah nama-nama organisasi yang membuat standar komunikasi :
. Badan Standard Eropa
ETSI : European Telecommunications Standards Institute > Suatu badan independent yang menetapkan standard untuk komunitas Eropa, Contoh : standard GSM
CEN/CENELEC : European Committee for Electrotechnical Standardization/European Committee for Standardization > Badan standardisasi teknologi informasi
CEPT : Conférence Européenne des Administrations des Postes et des Telecommunications > Sebelum ada ETSI, melakukan pekerjaan yang dilakukan ETSI
Badan Standard Amerika
IEEE : Institute of Electrical and Electronics Engineers > Asosiasi engineer elektro internasional, Contoh standard : LAN
EIA : Electronic Industries Association > Organisasi pabrik perangkat elektronika Amerika, Contoh standar: RS232
FCC : Federal Communications Commission > Badan regulasi pemerintah Amerika
TIA : Telecommunications Industry Association > Bertugas mengadaptasi standard dunia ke dalam lingkungan Amerika .


STANDAR INTERNET


Secara singkat standar internet (STD) adalah spesifikasi normatif teknologi atau metologi yang berlaku ke internet . Standar internet diciptakan dan diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Internet dimulai tahun 1969 ketika departemen Pertahanan Amerika , U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA),memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Badan Pengatur Internet
Ada 4 Badan yang bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol serta melakukan standarisasi protokol yang digunakan di Internet, yaitu Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), Internet Engineering Task Force (IETF), dan Internet Research Task Force (IRTF).
1. Internet Society (ISOC) adalah badan personal yang mendukung, memfasilitasi, serta mempromosikan pertumbuhan internet. Sebagai Infrastruktur komunikasi global untuk riset, badan ini juga berurusan dengan aspek sosial dan politik dari jaringan internet.
2. Internet Architecture Board (IAB) adalah badan koordinasi dan penasehat teknis bagi Internet Society (ISOC). Badan ini bertindak sebagai review teknik dan editorial akhir semua standar internet. Badan ini memiliki otoritas untuk menerbitkan dokumen standar internet yang dikenal dengan Request For Comment (RFC). Tugas lain dari badan ini ialah mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol internet seperti nomor port, tipe hardware, ARP (Address Resolution Protocol), dll. Tugas ini dilegalasikan ke lembaga yang disebut IANA (Internet Assigned Numbers Authority).
3. Internet Engineering Task Force (IETF) ialah badan yang berorientasi untuk membentuk standar Internet. Badan ini dibagi menjadi sembilan kelompok kerja (misalnya aplikasi, routing dan addressing, keamanan komputer) dan bertugas menghasilkan standar-standar internet. Untuk mengarur kerja badan ini, dibentuk badan Internet Engineering Steering Group (ISEG).
4. Internet Research Task Force (IRTF) memiliki orientasi pada riset-riset jangka panjang.
 
  

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.